Korean Drama: The Scholar Who Walks The Night


Wahhh daebak!
Kali ini gue tunduk sama drama kolosal. Gue gak pernah betah nonton drama tipe ini tapi.... hancur pertahananku haha Pokoknya gue bakal coba cerita dengan detail krn gue salut bgt sm ini drama!!!

The Scholar Who Walks The Night
 Scholar who walks the night | Wiki | K-Drama Amino

Agak aneh judulnya....... Tapi dari episode 1 udah bisa narik perhatian. Kirain bakal ece ece niru Twilight Saga, tapi ternyata enggak. Ada 20 episode dan gue sikat dalam 2 hari Sebelum gue ceritain review gue.... kesan yg gue dpt dari drama kolosal itu adalah "pusing". Why? Karena terlalu banyak tokoh! Bingung cuy ngapalin namanya.  Alurnya maju... tapi lama2 jadi maju mundur. Permeran utamanya sama sekali gak bisa ditebak di awal... tp perlahan, setiap episodenya mempertegas karakter2 yg ada.

Menurut gue..... keren sih pembuatnya. Karena sampe di episode 5 aja gue masih rancu sama tokoh utamanya siapa2 aja. Krn jujur gue pun gk coba buat nyari tau poster dramanya kaya apa di awal. Jadi setelah selesai 20 episode baru lah gue nangkep kalo pemeran utama yg penting itu ada 5; Vampir Kim Song Yeol, Vampir Gwi, Jo Yang Sun (pemeran utama wanita), Putra Mahkota/Raja muda Lee Yoon, Permaisuri Hye Rung (reinkarnasi fisik dari Myung Hee kekasihnya vampir Kim)

Scholar Who Walks the Night” Drama Review - CERITAKOREA.COM

Jadi, di episode 1 itu menceritakan kehidupan mula-mula di jaman Joeson. Ada 2 sahabat karib, Pangeran Junghyun & sahabat setianya (Kim Song Yeol). pangeran punya kebisaan menulis novel, dia punya nama pena Pelajar Mesum. Dia suka nulis novel mesum tapi sebenernya ada rahasia besar ttg kerajaan yg dia simpan. Bahwa kerajaan itu sebenernya dikuasai sama vampir yg memerintah Raja, vampir Gwi. Pangeran Junghyun menyusun strategi untuk mengalahkan Gwi dalam catatan yg menjadi objek utama dr drama ini "Catatan Pangeran Junghyun".
Awalnya mereka mau ngelawan  vampir itu dgn bantuan Guru Vampir yg bs mengalahkan Gwi. Mereka menyusun janji pertemuan. Tp sayangnya, Guru itu diajak tarung sm Gwi. Pada akhirnya yg bs menemui guru itu cuma Kim Song Yeol. Sadar dia udh mau mati krn kalah tarung sama Gwi, si Guru itu gigit Kim Song Yeol buat transfer ilmunya & ngasih jubah hitam penangkal matahari. Yap!!! Kim Song Yeol akhirnya jadi vampir.

Foolish Asian Drama Life : Scholar Who Walks The Night 밤을 걷는 선비

Seharusnya, Kim Song Yeol bakal nikah sm pacarnya, si Myung Hee. Tp gagal krn Kim ngilang beberapa hari. Ketika dia sadar dia balik ke kerajaan dan menemukan fakta bahwa beberapa org sudah dieksekusi mati sama raja sbg pengkhianat. Ya, Pangeran.. bahkan ayahnya Kim mati.  Kim masuk ke dalam istana Gwi dan Gwi ngebawa Myung Hee sbg sandra. Akhirnya Kim terpaksa harus menghisap darah Meung Hee. Di sinilah kekasih Kim mati.
(Gue pun baru sadar kalo istana Gwi itu jg ada di dalam kerajaan. Istana bawah tanah, krn Gwi gk bs kena cahaya matahari. Sedangkan... Kim yg pake jubah guru bisa jadi vampir yg lebih bebas di siang hari.)


HanCinema's Drama Review] "Scholar Who Walks the Night" Episode 2 ...

Nah! Episode 2-dst adalah kondisi setelah 120 th kemudian.
Vampir Kim masih hidup demi misi utama yaitu membunuh Gwi. Tp catatan rahasia yg dibuat pangeran Junghyun masih belum ketemu. Yg ternyata catatan itu turun temurun disembunyikan sama salah 1 keluarga kerajaan yg ngerti ttg adanya cara khusus itu. Tp di masa tsb, catatan itu disembunyikan sama 2 ajudan alias sahabat baiknya Putra Mahkota Sadong para tukang jualan buku. Putra Mahkota Sadong itu ayah dari Raja muda Lee Yoon. Sayangnya, Putra mahkota Sadong dan juga salah 1 sahabatnya (Ayah kandung Yang Sun) dibunuh sama Gwi. Disini baru deh muncul tokoh; Raja muda Lee Yoon + Yang Sun.

VID] 150701 Second Teaser for “The Scholar Who Walks the Night” is ...

Yang Sun ini punya nama kecil So Jin, dia sahabatan sama Lee Yoon sejak kecil. Tapi yg unik adl Yang Sun dari kecil hidup sbg anak laki-laki, pdhl dia itu anak prempuan. KENAPA?! Ini alasan yg gua tangkep.... identitas Yang Sun disembunyikan sama bapaknya supaya Yang Sun tdk dikenali sbg GARIS KETURUNAN GWI!!!!! Pusing kan lu?!

Malam di mana ayah Yang Sun dibunuh Gwi dan berubah jd vampir... Yang Sun sempet digigit sm bapaknya itu, trus diselametin sm vampir Kim lalu Yang Sun dirawat sama ajudan ayahnya yg 1 lagi dan mereka hidup sbg keluarga penjual buku. 

Scholar Who Walks the Night Korean Drama Review | Kdrama Kisses
Karakter Yang Sun disini adalah anak cerdik penjual buku yg bercita-cita punya duit banyak untuk bisa ngobatin adik tirinya yg cacat. Dia supel, nice, manis dan disukai sama banyak orang.
Terus.... entah bgmn Yang Sun dipertemukan sama Kim dan dikasih tugas untuk cari beberapa buku, salah satunya yaa catatan pangeran Junghyun itu. Yang Sun berhasil cari semua buku itu kecuali CPJ. Disini dimulai konflik2 dalam proses pencarian CPJ antara Yang Sun, Kim, dan para penjual buku. Dan untuk kali pertama Gwi mulai mengetahui keberadaan Yang Sun yg dianggap sbg mangsa yg lezat. Jadi Yang Sun tuh lezat karena dia punya gen vampir gitulah. Itulah knp waktu dulu Yang Sun digigit bapaknya dia gk jadi vampir.

Di sisi lain... konflik tentang adanya penulis novel dgn nama pena Pelajar Mesum mulai muncul. Nah herannya karakternya itu agak mirip sama Pangeran Junghyun yg dulu itu. Pelajar Mesum ini nulis novel yg menceritakan ttg adanya vampir yg hidup di istana dan ini bikin semua masyarakat jd tau. Vampir Kim jg penasaran siapa penulis ini. Kerajaan memburu si penulis. Lu baca terus tulisan gue ini... pasti gak kebayang deh siapa yg ternyata jadi Pelajar Mesum!!! Wah pokoknya kacau deh konfliknya ribet banyak yg dibunuh.



Scholar who walks the night (Lee Jun Ki) | K-Drama Amino


Btw guys, vampir Kim ini baik bangetttt. Dia masih berhati manusia. Dia konsumsi darah hewan meskipun sesekali jg butuh darah manusia. Di sini Kim punya 2 anak buah setia; Soo Hyang (cewe) & Ho Jin (cowo). Soo Hyang ini naksir sm Kim, terus2an minta dijadiin vampir supaya bs hidup selamanya bareng tp Kim gk punya rasa. Dia masih cinta sm Myung Hee guys!!! Haha Adanya tokoh Ho Jin juga bikin drama jadi lucu... krn karakternya yg konyol.

Scholar Who Walks the Night Episode 7 Recap | A Koala's Playground
Soo Hyang & Ho Jin


Oke. Selain kenal Kim, Yang Sun juga mulai kenal sama Raja muda Lee Yoon. Ini raja kocak senengnya main di tempat prostitusi. Yg manaaaa tempat itu adalah milik si Kim & dibantu kelola sama Soo Hyang. Tapi Lee Yoon dateng ke sana cuma buat ngelukis pose pose erotis wanita2. Di saat ktemu Yang Sun pertama kali dia sadar kalo Yang Sun itu bukan cowok tapi cewek. Dia langsung tertarik krn notice kalo si Yang Sun kemungkinan adl So Jin sahabat kecilnya. Pinter bgt emang tebakannya. Tp dia ragu... krn So Jin itu harusnya cowok bukan cewek. Akhirnya dia tertarik secara personal sama Yang Sun.
Jadi di drama ini mulanya Yang Sun ditaksir sama Kim & Lee Yoon. Cuma Kim ini karakternya lebih dingin dan denial ttg perasaan dia ke Yang Sun, sdgkn Lee Yoon lebih friendly dan manis... keep approaching Yang Sun kalo ketemu. Lee Yoon friendly tapi manly juga… pembawaan karakter yg ditunjukin Lee Yoon ini emang pas banget buat ngimbangin karakter Yang Sun sbg adik perempuan.
Kondisi kerajaan makin gak karuan dan konfliknya muncak bgt disekitar episode 7-10. Gue yg nonton aja heran. Masa baru separo udh klimaks konfliknya. Tp ya itu..... ini drama bikin penonton emosinya naik turun gak ketebak. Barulah di episode 11 mulai ada hawa segar.... abis itu yaaa nyaris klimaks lagi konfliknya.

Scholar Who Walks the Night: I actually watched this?! – The cat ...

Oya di episode awal2 itu tokoh Hye Rung yg fisiknya mirip Myung Hee mulai muncul. Kim gila lah langsung pas ngeliat dia. TAPI YOU KNOW WHAT?! Ternyata Hye Rung ini adalah budak Gwi! Hye Rung dijual sama bapaknya sendiri sejak 10 tahun yang lalu kepada Gwi. Bapaknya Hye Rung ini adl Perdana Menteri kerajaan dan haus kekuasaan. Ayah Hye Rung adalah musuh dalam selimut si Raja (Kakeknya Raja Muda Lee Yoon). Ketika Hye Rung tumbuh dewasa Gwi sadar kalo Hye Rung mirip banget sama Myung Hee makanya dia sengaja menggunakan Hye Rung buat menjebak Kim.
Nah karakter Hye Rung agak jahat awalnya, karena dia benci bgt sama ayahnya. Hye Rung bercita-cita jadi permaisuri supaya bisa ngalahin ayahnya. Gwi mempersiapkan Hye Rung supaya bisa nikah sama calon Raja muda Lee Yoon. Tapi yang lucu…. Pas di episode 19 penonton baru tau dong kaloooo si Gwi ternyata cinta sama Hye Rung HAHAHAHAHA. Terbongkar pada saat tanpa sengaja Gwi mau membunuh Lee Yoon. Trus ternyata dia mewek di depan jasadnya Hye Rung. Kemarahan Gwi atas kematian Hye Rung ini lah yang nantinya bikin drama mencapai puncak pertarungan di episode 19.

Crown Prince Lee Yoon & Hye-Ryeong (Dengan gambar)

Setelah penonton dibikin rancu siapa yang bakal berjodoh sama Yang Sun, ternyata Lee Yoon harus nikah sama Hye Rung. Awalnya gue nebak kalo Hye Rung & vampire Kim bakal mati diakhir trus Lee Yoon sama Yang Sun. Tapi salah gesss!! Haha karena ternyata yg mati cuma Hye Rung. Momen pernikahan antara Lee Yoon & Hye Rung ini masih disaksikan sama Raja sebelumnya. 3 hari setelahnya raja bunuh diri di depan Gwi dan Lee Yoon naik tahta. Makanya disinilah impian Hye Rung jadi permaisuri tercapai.

Episode One & Two Roundup of Scholar Who Walks the Night | I ...

Misi mengalahkan Gwi sempet dilakuin sama Raja sebelumnya tp gagal. Lagian rajanya sotoy sih. Hahaha. Ada momen dimana Yang Sun & ayah angkatnya dituduh sama kerajaan sbg penulis Pelajar Mesum. Mereka disiksa suruh ngaku. Padahal… sebenernya Pelajar Mesum sesungguhnya itu adalah RAJA MUDA LEE YOON. Gue pun agak kaget pas tau fakta ini.
Ternyata Lee Yoon ini udah diceritain sama bapaknya ttg keberadaan vampir Gwi. Lee Yoon gak percaya sama si Raja aka kakeknya ini, karena si kakek lah yg udh ngebiarin ayah Lee Yoon (Putra Mahkota Sadong) mati. Dan usut punya usut ternyata semua dilakukan si Raja demi mempersiapkan misi besar di masa depan. Mempersiapkan Lee Yoon jadi raja yang kuat dan pemberani. Kalo ditanya yg jadi korban berapa banyak dr drama ini… gak kehitung suer!!!! Terlalu banyak yang berkorban demi menjaga kerajaan. Yang dianggap punya karakter jahat pada akhirnya terbongkar bahwa mereka semua baik. Yang jahat sampe akhir itu cuma 1, ayah Hye Rung si Perdana Menteri. 

Kenapa Gwi gak jahat sampe akhir??? Karena…………………… ternyata ada kisah flashback di masa lalu. Gwi itu adalah vampire yang memang sejak awal membantu berdirinya kerajaan. Dia pernah bikin perjanjian sama raja terdahulu untuk menyelamatkan kerajaan dan sbg imbalan, keturunan kerajaan akan patuh sama Gwi. Itu lah yg bikin Gwi jadi sombong akan kekuatan dia. Tapi sebenernya Gwi itu akan membinasakan orang2 kerajaan yang tamak dan serakah. Karena sejak awal Gwi dan Raja terdahulu itu menjaga keberlangsungan kehidupan kerajaan, tapi Gwi kebablasan.

Scholar Who Walks The Night (Episode 1) Recap~ – DramaRambles 🌸

Setelah CPJ ketemu, diketahuilah 3 cara membunuh Gwi yg dipersiapkan Pangeran Jung Hyun.
  1. Tekad raja yang kuat
  2. Guru alias penjaga Gwi (yang ilmunya udh turun ke Kim)
  3. Turunan Gwi
Kenapa sih kok ada keturunan Gwi? Jadi dulu itu Gwi pernah jatuh cinta sama manusia, dan membuat wanita itu hamil anak Gwi. Tapi terpaksa Gwi membunuh kekasihnya, krn Gwi marah ttg adanya anak tsb. Karena anak antara manusia & vampire justru akan punya kekuatan membunuh Gwi. Eeeh Ternyata anaknya itu selamat dari kematian, jadi lahirlah garis keturunan Gwi yang sampai di Yang Sun itu.
Alih-alih salah kaprah memahami makna "garis keturunan".... dikiranya Gwi bakal mati kalo minum darah Yang Sun. Ternyata darah Yang Sun itu akan memberikan kekuatan yang tidak tertandingi kalo diminum sama vampir yg punya kekuatan "Guru Vampir". Jadi harusnya Kim yang minum darah Yang Sun. Hampir aja Yang Sun menyerahkan diri ke Gwi.

My favorite serial is Scholer who walk the night | Wiki | K-Pop Amino

Pokoknya ending drama ini ditriger dari kematian Hye Rung yang bikin Gwi stress. Di ujung kematian Gwi…. kesan kecewa, lelah, sedih, & kesepian selama Gwi hidup tersurat banget. Jadi gak bikin penonton mengutuk kematian Gwi. Justru bikin gemes karena Kim gak buru2 keluar menyelamatkan diri. Apa yang dipake buat ngalahin Gwi tuh cuma cahaya matahari. Receh banget kan? Wkwk kenapa gak dari dulu aja itu istana di bom. Yaaaa namanya juga film yakan haha

Gue rekomen banget deh buat yang mau nonton ini. Adegan kissingnya juga gak banyak dan gak vulgar. Masih agak aman… banyak nilai sosial yang justru didapet disamping romansa yang ada. Kosakata yang dipake juga unik, beda banget dari drama2 yg modern. Jangan dibayangin kaya sinteron indosiar naga-naga plisssssss haha

Penilaian gue
Acting: 8.5/10
Konflik: 9.5/10
Penokohan: 9/10
Keseluruhan: 9/10

Comments